Catatan Sikap Wali Kelas Kurikulum Implementasi Merdeka Belajar

1.       BERIMAN , BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA

·         Ade terbiasa melaksanakan ibadah sesuai dengan ajaran agama dan kepercayaannya.

·         Lilis dapat mengenali simbol-simbol keagamaannya secara baik

·         Angel dapat/sering mengikuti ritual keagamaanya dengan baik

·         Fikram dapat mengetahui dan memahami kitab sucinya dengan baik

·         Hikmah mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang dan mengenali dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan

·         Fitri membiasakan bersikap jujur terhadap diri sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta

·         Ananda memiliki rutinitas sederhana yang diatur secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga Kesehatan dan keselamatan/keamanan diri dalam semua aktivitas kesehariannya.

·         Nella mengenali hal-hal yang sama dan berbeda yang dimiliki diri dan temannya dengan berbagai hal, serta memberikan respon secara positif

·         Arsal dapat mengidentifikasi emosi, minat dan kebutuhan orang-orang terdekatnya dan meresponnya secara positif

·         Ari dapat mengidentifikasi berbagai ciptaan Tuhan

·         Aulia membiasakan bersyukur atas lingkungan dan berlatih untuk menjaganya

·         Fia dapat mengidentifikasi hak dan tanggungjawab dirumah, sekolah dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada Tuhan YME

 

2.       BERKEBHINEKAAN GLOBAL

·         Dapat mengidentifikasi dan mendeskrispikan ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya.

·         Dapat mengidentifikasi dan mendeskrispikan praktik keseharian diri dan budayanya

·         Dapat mendeskrispikan pengalaman dan pemahaman hidup bersama-sama dalam kemajemukan

·         Dapat mengenali bahwa diri dan orang lain menggunakan kata, gambar, dan Bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang berbeda dilingkungan sekitarnya.

·         Dapat mengekspresikan pandangannya terhadap topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya dalam lingkungan keluarga dan sekolah.

·         Dapat mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya yang konkrit di lingkungan sekitar

·         Dapat menyebutkan apa yang telah dipelajari tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan sekolah dan rumah.

·         Dapat mengenali perbedaan tiap orang atau kelompok dan menganggap sebagai kewajaran.

·         Dapat menjadi pertemanan tanpa memandang perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamain dan perbedaan lainnya, dan  mengenal masalah-masalah sosial, ekonimi dan lingkungan di lingkungan sekitar.

·         Dapat mengidentifikasi pilihan -pilihan berdasarkan kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan.

·         Dapat mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban warga dalam masyarakat demokratis

 

3.       BERGOTONG ROYONG

·         Mampu memahami informasi sederhana dari orang lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya sendiri.

·         Mampu melaksanakan aktivitas kelompok sesuai dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan dan saling mengingatkan adanya kesepakatan tersebut.

·         Mampu mengenali kebutuhan-kebutuhan diri sendiri yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.

·         Mempu menerima dan melaksanakan tugas serta peran yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.

·         Mampu mengenali berbagai reaksi orang lain di lingkungan sekitar dan penyebabnya.

·         Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana.

·         Mampu melakukan refleksi untuk mengindentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.

·         Mempu mengidentifikasi dan menggambarkan kemampuan, prestasi dan ketertarikannya secara subjektif.

 

4.       MANDIRI

·         Mampu mengidentifikasi perbedaan emosi yang dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkannya serta mengekspersikan secara wajar.

·         Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas.

·         Dapat melaksanakan kegiatan belajar dikelas dan menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.

·         Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin secara mandiri dibawah pengawasan dan didukung orang dewasa.

·         Mempu menetapkan target belajar dan merencanakan waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.

 

5.       BERNALAR KRITIS

·         Berani mengajukan pertanyaan untuk menjawab keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya dan lingkungan sekitarnya.

·         Mempu melakukan penalaran konkrit dan memberikan alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.

·         Mampu menyelesaikan apa yang sedang dipikirkan secara terperinci

 

6.       KREATIF

·         Mampu menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide atau gagasan imajenatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya.

·         Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi karya dan tindakan yang di hasilkan.

·         Mampu mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif untuk menghadapi situasi dan permasalahan.

CONTOH LAIN

BERIMAN , BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA

       Ananda telah menunjukkan sikap relegius dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya tidak pernah melupakn dzikir sesuai shalt, mengikuti kegiatan tadarus alQur'an setiap pagi

BERNALAR KRITIS

       Ananda telah menunjukkan sikap mampu memproses atau memberi  informasi serta gagasan, menganalisis sekaligus mengevaluasi proses penalaran yang terjadi dalam pikirannya

MANDRI

      Ananda telah menunjukan sikap mandiri dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya mandiri dalam melakukan tugas yang diberikan oleh guru dan mampu berkolaborasi dengan teman lain atau kelompok

BERKEBINEKAAN GLOBAL

      Ananda telah menujukkan sikap tolerasi dalam berbudaya dan mencintai tradisi tradisional

PERKEMBANGAN DIMENSI KREATIF

      Ananda telah menunjukan sikap menghasilkan gagasan yang orisinil serta menghasilkan karya dan tindakan orisinil

BERGOTONG ROYONG

      Ananda telah menunjukan sikap gotong royong dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya membersihkan lingkungan di rumah, sekolah maupun lingkungan sekitarnya.

Comments

Popular posts from this blog

Tools Adobe Photoshop

Soft Skill

Pengertian Storage, Fungsi, Jenis dan Contohnya