Catatan Sikap Wali Kelas Kurikulum Implementasi Merdeka Belajar
1.
BERIMAN , BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA
·
Ade terbiasa melaksanakan ibadah sesuai dengan
ajaran agama dan kepercayaannya.
·
Lilis dapat mengenali simbol-simbol keagamaannya
secara baik
·
Angel dapat/sering mengikuti ritual keagamaanya
dengan baik
·
Fikram dapat mengetahui dan memahami kitab
sucinya dengan baik
·
Hikmah mengenali sifat-sifat utama Tuhan bahwa
Ia Maha Esa dan Ia adalah Sang Pencipta yang Maha Pengasih dan Maha Penyayang
dan mengenali dirinya sebagai cerminan sifat Tuhan
·
Fitri membiasakan bersikap jujur terhadap diri
sendiri dan orang lain dan berani menyampaikan kebenaran atau fakta
·
Ananda memiliki rutinitas sederhana yang diatur
secara mandiri dan dijalankan sehari-hari serta menjaga Kesehatan dan keselamatan/keamanan
diri dalam semua aktivitas kesehariannya.
·
Nella mengenali hal-hal yang sama dan berbeda
yang dimiliki diri dan temannya dengan berbagai hal, serta memberikan respon
secara positif
·
Arsal dapat mengidentifikasi emosi, minat dan
kebutuhan orang-orang terdekatnya dan meresponnya secara positif
·
Ari dapat mengidentifikasi berbagai ciptaan
Tuhan
·
Aulia membiasakan bersyukur atas lingkungan dan
berlatih untuk menjaganya
·
Fia dapat mengidentifikasi hak dan tanggungjawab
dirumah, sekolah dan lingkungan sekitar serta kaitannya dengan keimanan kepada
Tuhan YME
2.
BERKEBHINEKAAN GLOBAL
·
Dapat mengidentifikasi dan mendeskrispikan
ide-ide tentang dirinya dan beberapa macam kelompok di lingkungan sekitarnya.
·
Dapat mengidentifikasi dan mendeskrispikan praktik
keseharian diri dan budayanya
·
Dapat mendeskrispikan pengalaman dan pemahaman
hidup bersama-sama dalam kemajemukan
·
Dapat mengenali bahwa diri dan orang lain
menggunakan kata, gambar, dan Bahasa tubuh yang dapat memiliki makna yang
berbeda dilingkungan sekitarnya.
·
Dapat mengekspresikan pandangannya terhadap
topik yang umum dan mendengarkan sudut pandang orang lain yang berbeda dari dirinya
dalam lingkungan keluarga dan sekolah.
·
Dapat mengidentifikasi perbedaan-perbedaan budaya
yang konkrit di lingkungan sekitar
·
Dapat menyebutkan apa yang telah dipelajari
tentang orang lain dari interaksinya dengan kemajemukan budaya di lingkungan
sekolah dan rumah.
·
Dapat mengenali perbedaan tiap orang atau
kelompok dan menganggap sebagai kewajaran.
·
Dapat menjadi pertemanan tanpa memandang
perbedaan agama, suku, ras, jenis kelamain dan perbedaan lainnya, dan mengenal masalah-masalah sosial, ekonimi dan
lingkungan di lingkungan sekitar.
·
Dapat mengidentifikasi pilihan -pilihan berdasarkan
kebutuhan dirinya dan orang lain ketika membuat keputusan.
·
Dapat mengidentifikasi peran, hak dan kewajiban
warga dalam masyarakat demokratis
3.
BERGOTONG ROYONG
·
Mampu memahami informasi sederhana dari orang
lain dan menyampaikan informasi sederhana kepada orang lain menggunakan kata-katanya
sendiri.
·
Mampu melaksanakan aktivitas kelompok sesuai
dengan kesepakatan bersama dengan bimbingan dan saling mengingatkan adanya
kesepakatan tersebut.
·
Mampu mengenali kebutuhan-kebutuhan diri sendiri
yang memerlukan orang lain dalam pemenuhannya.
·
Mempu menerima dan melaksanakan tugas serta peran
yang diberikan kelompok dalam sebuah kegiatan bersama.
·
Mampu mengenali berbagai reaksi orang lain di
lingkungan sekitar dan penyebabnya.
·
Peka dan mengapresiasi orang-orang di lingkungan
sekitar, kemudian melakukan tindakan sederhana.
·
Mampu melakukan refleksi untuk mengindentifikasi
kekuatan dan kelemahan, serta prestasi dirinya.
·
Mempu mengidentifikasi dan menggambarkan
kemampuan, prestasi dan ketertarikannya secara subjektif.
4.
MANDIRI
·
Mampu mengidentifikasi perbedaan emosi yang
dirasakannya dan situasi-situasi yang menyebabkannya serta mengekspersikan
secara wajar.
·
Berani mencoba dan adaptif menghadapi situasi
baru serta bertahan mengerjakan tugas-tugas yang disepakati hingga tuntas.
·
Dapat melaksanakan kegiatan belajar dikelas dan
menyelesaikan tugas-tugas dalam waktu yang telah disepakati.
·
Berinisiatif untuk mengerjakan tugas-tugas rutin
secara mandiri dibawah pengawasan dan didukung orang dewasa.
·
Mempu menetapkan target belajar dan merencanakan
waktu dan tindakan belajar yang akan dilakukannya.
5.
BERNALAR KRITIS
·
Berani mengajukan pertanyaan untuk menjawab
keingintahuannya dan untuk mengidentifikasi suatu permasalahan mengenai dirinya
dan lingkungan sekitarnya.
·
Mempu melakukan penalaran konkrit dan memberikan
alasan dalam menyelesaikan masalah dan mengambil keputusan.
·
Mampu menyelesaikan apa yang sedang dipikirkan
secara terperinci
6.
KREATIF
·
Mampu menggabungkan beberapa gagasan menjadi ide
atau gagasan imajenatif yang bermakna untuk mengekspresikan pikiran dan/atau
perasaannya.
·
Mampu mengeksplorasi dan mengekspresikan pikiran
dan/atau perasaannya dalam bentuk karya dan/atau tindakan serta mengapresiasi
karya dan tindakan yang di hasilkan.
·
Mampu mengidentifikasi gagasan-gagasan kreatif
untuk menghadapi situasi dan permasalahan.
CONTOH LAIN
BERIMAN , BERTAKWA KEPADA TUHAN YANG MAHA ESA, DAN BERAKHLAK MULIA
Ananda telah menunjukkan sikap relegius dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya tidak pernah melupakn dzikir sesuai shalt, mengikuti kegiatan tadarus alQur'an setiap pagi
BERNALAR KRITIS
Ananda telah menunjukkan sikap mampu memproses atau memberi informasi serta gagasan, menganalisis sekaligus mengevaluasi proses penalaran yang terjadi dalam pikirannya
MANDRI
Ananda telah menunjukan sikap mandiri dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya mandiri dalam melakukan tugas yang diberikan oleh guru dan mampu berkolaborasi dengan teman lain atau kelompok
BERKEBINEKAAN GLOBAL
Ananda telah menujukkan sikap tolerasi dalam berbudaya dan mencintai tradisi tradisional
PERKEMBANGAN DIMENSI KREATIF
Ananda telah menunjukan sikap menghasilkan gagasan yang orisinil serta menghasilkan karya dan tindakan orisinil
BERGOTONG ROYONG
Ananda telah menunjukan sikap gotong royong dengan baik, serta melaksanakan nilai-nilai karakter diantaranya membersihkan lingkungan di rumah, sekolah maupun lingkungan sekitarnya.
Comments
Post a Comment